HKI UAD Mengadakan Pelatihan Penelitian Berpotensi Paten
Posted on: November 17, 2016, by : hkiuad

Pelatihan pemanfaatan penelitian berpotensi paten merupakan salah satu kegiatan yang nantinya terangkai dengan klinik paten. Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman pada para peneliti mengenai paten. Kegiatan ini diikuti oleh 40 dosen di lingkungan UAD dari berbagai macam program studi yang dipilih berdasarkan penelitian yang telah dilakukan baik yang didanai oleh Ristekdikti, kopertis, internal UAD, maupun institusi lainnya. Pelatihan disiapkan dengan matang dengan diawali dengan beberapa pertemuan sebelumnya.

Pelatihan ini telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 November 2016 di hotel Ros-in Jl. Ring road selatan Bantul, Yogyakarta. Pembicara pada kesempatan ini adalah Ragil Yoga Edi SH., LLM. dari pusat inovasi LIPI. Pelatihan diawali dengan pembukaan,  kemudian pengenalan tentang hak kekayaan intelektual (HKI), metode penulisan dokumen spesifikasi paten, klasifikasi paten, dengan dilengkapi kasus-kasus.

Pembukaan pelatihan dilakukan oleh kepala LPP UAD Dr. Widodo M.Si. setelah cofee break dilanjutkan dengan materi pengenalan HKI yang meliputi cabang-cabang HKI, petingnya paten, syarat paten, anatomi paten dan beberapa contoh-contoh paten. Setelah rehat dan sholat kemudian acara dilanjutkan dengan metodologi penulisan dokumen paten dan teknik pelacakan paten yang dilakukan langsung dilakukan menggunakan internet. Metode penulisan dokumen paten membahas tentang aspek-aspek dokumen paten, struktur dokumen paten, konstruksi klaim dan abstrak serta gambar jika ada.  Sedangkan pelacakan paten mengenalkan beberapa alamat web paten dan cara melacaknya paten dengan menggunakan internet baik dalam negeri maupun luar negeri khususnya amerika atau US patent. Pelatihan ini dikemas interaktif dengan metode langsung mencoba.

Acara kemudian ditutup oleh Dr. Kintoko M.Sc., Apt. sebagai kepala Sentra HKI UAD. Pada kesempatan itu para peserta diminta membuat dan atau menyempurnakan draf paten selama 4 hari dan akan didiskusikan hasil draf patennya pada hari Kamis, 17 November 2016 dalam forum klinik paten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *